Laman

Saturday

Edit Splash Screen Opmin


Selamat hari gini temans, kali ini Blog Upni akan membahas satu trik ringan yang mungkin berguna buat kamu yang sering internetan pake browser operamini. Akan tetapi trik yang dibahas kali ini tidak berhubungan sama sekali dengan pengaturan jaringan, melainkan hanya sekedar berbagi cara mengganti Splash Screen (tampilan awal/loading) pada operamini 4.2 Labs Handler UI 150 seperti gambar di atas.

Oiya, disini saya akan mencontohkan melalui seperangkat hape SE K610i jadul milik saya yang berplatform JAVA (meski jadul tapi kelebihan SE dibanding Nokia JAVA ialah bisa multitasking layaknya ponsel symbian).
*multitasking = membuka beberapa aplikasi sekaligus.
Untuk symbian silakan mencari referensi lain yang lebih lengkap hehehe.. Baiklah tanpa panjangxlebarxtinggi, kita langsung ke TeKaPe..!!

Sebelum mulai, harap disiapkan dahulu alat tempur yang diperlukan meliputi:
a.) Aplikasi file manager berflatform JAVA (saya rekomendasikan Blue FTP karena dilenngkapi fitur extract & repack).
b.) Class Editor (juga beflatform JAVA).
c.) File mentah Operamini 4.2 Labs Handler UI 150 (ingat: yang mentah alias belum matang eh maaf, maksudnya belum diinstal :D ).
Jika ketiganya belum ada, silakan download terlebih dahulu atau bisa minta ke saya (kalau ada pasti dikasi, asal jangan minta duit hehehe..).
d.) Gambar yang akan dipasang pada splash screen opmin (max size 12kb saja, kalau kegedean takutnya malah gagal). kamu juga bisa mengedit terlebih dahulu ukuran gambar (me-resize) dengan aplikasi FaceWarp atau yang sejenis.


langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.) Buka Blue FTP, scroll menuju folder tempat kamu menyimpan file jar opmin mentah yang akan dijadikan bahan eksperimen. Setelah ketemu file yang kamu cari, kamu klik saja, maka akan terpapar berbagai file class, dll (dan lupa lagi).
kamu klik 'menu' kemudian 'tandai semua'.
2.) Setelah kamu tandai, klik 'ambil item yang dipilih'.
3.) Selanjutnya kamu pilih folder baru untuk mengekstrak file tadi (kalau bisa buat folder baru agar tidak tercampur dengan file lainnya). kemudian kamu klik 'extract item disini'.

4.) Buka Class Editor, cari gambar yang akan kamu pilih, setelah ketemu kamu klik saja gambar tersebut, maka akan muncul script hex dari gambar tersebut. Yang harus kamu lakukan adalah tekan * (bintang), lalu kamu scroll ke bawah sampai mentok (script akan ter-block semua). Nah, jika sudah, lihat kolom merah yang ada dibawahnya, disana ada angka-angka, kamu ingat angka yang paling kanan, misalnya 9803. (sebaiknya dicatat untuk menghindari lupa).
5.) Setelah kamu ingat angkanya, tekan angka 5 kemudian tekan tombol gulir kanan, maka akan muncul opsi yang akan kamu lakukan selanjutnya, kamu pilih 'salin'
6.) Next step, masih di Class Editor, kamu buka foder hasil extract-an Opmin tadi, kemudian kamu cari file v. Udah ketemu file v nya? kalau sudah kamu klik saja, setelah itu ketik angka 9, maka akan muncul 3 buah kolom, ketikkan angka 6082 pada kolom HEX lalu OK (atau more lalu OK) sampai muncul gambar berikut:
geserkan kursor ke arah kanan satu karakter.
8.) Tekan * (bintang) lagi, lalu kamu scroll ke bawah sampai nilai yang tertulis di kanan bawah bernilai angka gambar yang tadi kamu salin (poin nomor 4), dalam hal ini saya contohkan saya scroll sampai angka 9803. Setelah ter-block sampai angka 9803, tekan angka 5 lalu klik remove.
9.) Langkah selanjutnya masukkan script gambar tadi dengan cara tekan * (bintang) lalu angka 5 kemudian pilih insert.
10.) Tekan left soft key (tombol kiri di bawah layar) hape kamu lalu klik simpan untuk meyimpan.
Ingat, yang ditekan tombol kiri di bawah layar, bukan tombol navigasi/gulir. Jika ada tulisan overwrite, abaikan saja.
11.) Tinggalkan Class Editor, kembali ke Blue FTP. Buka kembali folder Opmin hasil extract-an tadi, lalu pilih menu - tandai semua lagi, setelah ter-block semua kamu pilih menu - satukan file (jar), pilih disimpan. Kamu bisa mengedit nama file-nya sesuai keinginan kamu. Lalu pilih OK.
12.) Setelah penyatuan file berhasil, tutup aplikasi Blue FTP, lihat ke file manager/galeri hape kamu, temukan aplikasi yang baru saja kamu buat di folder extract-an Opmin tadi.
13.) JREEENGG...!! Aplikasi yang baru kamu edit sudah siap kamu install :)
14.) Selamat mencoba, semoga berhasil.

Teori yang saya jelaskan memang cukup panjang, namun dalam praktiknya saya hanya membutuhkan waktu di bawah 10 menit saja hingga aplikasi tarinstal.
Apabila ada yang kurang jelas atau hasil tidak seperti yang kamu harapkan kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan jejak (link) anda melalui komentar.